Minggu, Juli 5MAU INSTITUTE
Shadow

MENEBAR “MAFÂTIHUL KHAIR” DI WAKTU ‘ASHAR BERSAMA USTÂDZUNÂL FÂDHIL KH. ABDUL WAHID ALWI, MA.

MENEBAR “MAFÂTIHUL KHAIR” DI WAKTU ‘ASHAR BERSAMA USTÂDZUNÂL FÂDHIL KH. ABDUL WAHID ALWI, MA.


Amsainâ wa amsal mulku lillâh wal ‘izzatu wal qudratu lillâh … Amsainâ ‘alâ fithratil Islâm wa kalimatil ikhlâsh … Wa ‘alâ dîni Muhammadin shallallâhu ‘alaihi wa sallam … Allâhumma infa’nâ bimâ ‘allamtanâ wa ‘allimnâ mâ yanfa’unâ wa zidnâ ‘ilman …

Berbahagia rasanya dapat turut serta bersama kawan-kawan yang lain; duduk bersama bakda ‘ashar di Majelis Kamis sambil menunggu maghrib tiba. Sesuai dengan jadwalnya, taujih kali ini dihaturkan oleh Guru kami Ustâdz Wahid Alwi. Adapun tema pokok yang dapat kami goreskan, yakni “Membuka Pintu Sorga dan Menebar Mafâtihul Khair”.

Mengawali bahasannya, beliau terlebih dahulu mengingatkan bahwa kematian adalah sesuatu yang pasti. Semua manusia pasti akan menemui kematian itu. Dan tentunya, manusia yang beriman memiliki cita-cita tertinggi, yaitu meraih “jannatul firdaus”, sorganya Allah ‘azza wa jalla yang Maha tinggi.

Menurutnya, berdasarkan wahyu Allah dan sunnah nabiNya, sorga sebagai “jannâtun na’îm”, taman kenikmatan yang tiada bandingannya memiliki sifat “unlimited time”, yakni kehidupan tak terbatas waktu, abadi sepanjang masa.

Untuk dapat memasuki sorga tersebut, satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah membuka terlebih dahulu pintunya, dan pintu tersebut sudah tentu membutuhkan alat. Alat itu adalah kunci (miftâh) dengan beragam geriginya. Gerigi itulah ‘amal shâlih berupa ‘ibâdah yang di dalamnya merupakan perkara yang dicintai dan diridhai Allah ‘azza wa jalla.

Berkali-kali beliau menjelaskan, bahwa pembuka pintu sorga itu adalah syahâdatu ‘an lâ ilâha illallâh, memberikan kesaksian bahwasanya “tidak ada Tuhan selain Allah”. Ikrar inilah yang harus selalu terlibat dan menghiasi dalam semua kehidupan orang beriman.

Dengan menukil paparan Al-Hâfizh al-Imâm Ibnu Qayyim al-Jauziyyah rahimahullâh (murid Syaikhul Islâm Ibnu Taimiyyah) dalam kitabnya Hâdil Arwâh ilâ Bilâdil Afrâh (diterjemahkan menjadi “Bertamasya ke Alam Sorga”). Dalam petikannya, beliau mengurai bahwa segala sesuatu itu memiliki kunci, dan kita tidak dapat membuka pintu segala sesuatu kecuali dengan kuncinya. Demikian halnya dengan kebaikan (al-khair), ia pun membutuhkan kunci-kuncinya. Di antara kunci-kunci kebaikan (mafâtihul khair) itu adalah:

1. Miftâhus shalât at-thahûr; Kuncinya ibadah shalat adalah bersuci.
2. Miftâhul hajji al-ihrâm; Kuncinya ibadah hajji adalah berihram.
3. Miftâhul birri as-shidq; Kuncinya kebaikan adalah kejujuran.
4. Miftâhul jannah at-tauhîd; Kuncinya sorga adalah Tauhîdullâh.
5. Miftâhul ‘ilmi as-su’âl wal isghâ; Kuncinya ilmu adalah bertanya dan menyimak dengan seksama.
6. Miftâhun nashri wad dhafri as-shabr; Kuncinya kemenangan dan kesuksesan adalah kesabaran.

Sebagai penutup kajian, sebelum diadakan tanya jawab dan penyerahan “cindera mata” berupa buku berjudul “Risalah ‘Aqidah”, beliau terlebih dahulu menutupnya dengan sebuah hadits yang mulia berikut ini:

من كانت الدنيا همه فرق الله عليه أمره و جعل فقره بين عينيه و لم يأته من الدنيا إلا ما كتب له،

“Barangsiapa menjadikan dunia sebagai tujuan hidupnya, niscaya Allâh akan mencerai-beraikan urusannya dan menjadikan kefaqiran membayangi kedua matanya, dan dunia tidaklah datang kepadanya melainkan apa yang telah ditetapkan baginya.”

و من كانت الآخرة نيته جمع الله له أمره و جعل غناه في قلبه و أتته الدنيا و هي راغمة

“Dan barangsiapa yang menjadikan akhirat sebagai tujuan hidupnya, maka Allâh akan mengumpulkan segala urusannya dan menjadikan kekayaan memenuhi hatinya, dan dunia mendatanginya dalam keadaan hina.” (HR. Ibnu Mâjah no. 4105 dari shahabat Zaid bin Tsabit radhiyallâhu ‘anh).

Semoga Allah mencurahkan anugerahNya di hari jum’ah yang berkah ini. Âmîn yâ Rabbal ‘âlamîn … (TenRomlyQ., Perjalanan Jum’ah menuju Kebayoran Lama, 28/ 02/ 2020)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site is protected by wp-copyrightpro.com